BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam
kamus besar bahasa Indonesia diuraikan bahwa membaca berasal dari kata baca
yaitu melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau
hanya dalam hati). Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:597) kosakata diartikan sebagai
perbendaharaan kata.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa kosakata atau leksikon adalah perbendaharaan kata
yang memuat makna yang dimiliki oleh suatu bahasa. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji hubungan antara minat baca dan penguasaan kosakata
secara bersama-sama
dengan kemampuan memahami teks deskripsi mahasiswa PBSI I 2017/2018.
Berdasarkan permasalahan yang diajukan dan data penelitian yang dianalisis. Semakin tinggi minat baca mahasiswa, dan semakin tinggi
tingkat penguasaan
kosakatanya, maka semakin
tinggi pula kemampuannya dalam
memahami teks deskripsi. Dengan
demikian, dapat dikatakan bahwa
minat baca dan penguasaan kosakata
harus menjadi titik tekan jika
ingin meningkatkannya.
Dalam
kamus besar bahasa Indonesia diuraikan bahwa membaca berasal dari kata baca
yaitu melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau
hanya dalam hati). Sejalan dengan pengertian membaca dan minat diatas, Berkaitan dengan usaha-usaha yang dilakukan
dapat diartikan bahwa tingkat aktivitas baca yang tinggi dari seseorang dan
seberapa banyak buku yang dipilih untuk dibaca, serta intensitas seseorang
dalam melakukan kegiatan membaca, menandakan bahwa orang tersebut mempunyai
minat baca pada tingkatan tertentu, misalnya minat baca rendah, minat baca
sedang, atau minat baca tinggi. Semakin sering seseorang melakukan kegiatan
membaca, semakin banyak buku yang dipilihnya untuk dibaca, dan semakin tinggi
intensitas seseorang
dalam melakukan kegiatan membaca, berarti semakin tinggi pula tingkat minat
bacanya atau sebaliknya.
Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:597) kosakata diartikan sebagai
perbendaharaan kata.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa kosakata atau leksikon adalah perbendaharaan kata
yang memuat makna yang dimiliki oleh suatu bahasa. Penguasaan terhadap kosakata
ini sangat penting, sebab tanpa penguasaan kosakata yang memadai, siswa tidak
akan mampu memahami teks atau bacaan dengan baik. Hal ini berarti, semakin tinggi kualitas
dan kuantitas kosakata yang dimiliki, semakin besar pula kemungkinan siswa
terampil berbahasa. Kualitas kosakata adalah nilai penempatan kata dalam sebuah
kalimat, sedangkan kuantitas adalah jumlah kosakata yang dikuasai oleh
seseorang. Selanjutnya,
pengertian teks deskripsi atau wacana deskripsi.
B.
Rumusan
Masalah
Dari uraian diatas maka dapat dirumuskan
permasalahan sebagai berikut :
- Bagaimana Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Memahami Teks
Deskripsi?
- Bagaimana Hubungan Minat Baca dan Penguasan Kosakata dengan Kemampuan Memahami Teks Deskripsi?
C. Tujuan
Pembahasan
-
Mahasiswa
dapat memahami tentang Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Memahami Teks Deskripsi.
-
Mahasiswa
dapat menerapkan Hubungan
Minat Baca dengan Kemampuan Memahami Teks Deskripsi
BAB II
PEMBAHASAN
A. Hubungan
Minat Baca dengan Kemampuan Memahami Teks Deskripsi
Berdasarkan
hasil penelitian, diperoleh data penelitian berupa nilai minat baca, nilai
penguasaan kosakata, dan nilai kemampuan memahami teks deskripsi mahasiswa PBSI
I tahun pelajaran
2017/2018. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan meneliti perpustakaan yang ada di universitas peradaban
bumiayu.
Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan, terbukti bahwa terdapat hubungan positif
yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan memahami teks deskripsi mahasiswa
PBSI I tahun 2017/2018. Dengan demikian, hipotesis
yang diajukan bahwa
tidak ada hubungan yang positif
dan signifikan antara minat baca
dengan kemampuan memahami teks
deskripsi ditolak. Hal
ini berarti bahwa
semakin tinggi minat baca seseorang,
semakin tinggi pula kemampuannya
dalam memahami teks
deskripsi. Ranah
afektif berkaitan dengan
minat, rasa percaya diri, pengontrolan
perasaan negatif, serta penundaaan
dan kemauan untuk mengambil
risiko.Jadi, minat merupakan
ranah afektif yang kemudian
menjadi sumber pemahaman,
interpretasi dan asimilasi seseorang
dalam membaca. Dengan demikian,
peranan minat dalam kemampuan
memahami teks.sangat penting
untuk mendapat titik tekan
B. Hubungan
Penguasaan Kosakatadengan Kemampuan Memahami Teks Deskripsi
Berdasarkan
hasil penelitian yang
telah dilakukan, terbukti bahwa ada
hubungan positif yang signifikan antara
penguasaan dengan kemampuan
memahami teks deskripsi mahasiswa
universitas peradaban bumiayu.Dengan demikian, hipotesis
yang diajukan bahwa
tidak terdapat
hubungan yang positif
dan signifikan antara penguasaan
kosakata dengan kemampuan memahami teks deskripsi ditolak. Hasil temuan pada
penelitian ini
sejalan dengan pendapat yang disampaikan
Tarigan (2011:2), bahwakualitas
keterampilan berbahasa
seseorang bergantung kepada
kuantitas dan kualitas kosakata
yang dimilikinya. Semakin kosakata
yang kita miliki semakin besar
pula kemungkinan kita terampil berbahasa.
Oleh sebab itu, pengajaran kosakata perlu mendapatkan perhatian yang lebih, agar dapat
meningkatkan kemampuan
memahami teks.
C. Hubungan
Minat Baca dan Penguasan
Kosakata dengan Kemampuan
Memahami Teks Deskripsi
Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan,
terbukti bahwa terdapat
hubungan positif yang signifikan antara minat
baca dan penguasaan
kosakata dengan kemampuan
memahami teks deskripsi mahasiswa PBSI universitas peradaban tahun 2017/2018. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan bahwa tidak terdapat
hubungan yang positif
dan signifikan antara minat baca
dan penguasaan kosakata dengan kemampuan
memahami teks deskripsi ditolak. Temuan hasil penelitian
ini sejalan
dengan pendapat yang menjelaskan
bahwa siswa haruslah mempunyai
rasa ingin tahu yang mendalam
mengenai kosakata dan memperhatikan
secara teliti bagaimana
kosakata dipergunakan dalam
kalimat dan kosakata itu dibentuk
(Tarigan, 2015:140). Rasa ingin tahu siswa yang
mendalam mengenai
kosakata, merupakan salah satu
wujud minat yang pada akhirnya akan
membawa siswa kepada tingkat penguasaan
kosakata tertentu. Berdasarkan
uraian tentang hasil
dan temuan-temuan penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi minat
baca mahasiswa, dan semakin tinggi
tingkat penguasaan
kosakatanya, maka semakin
tinggi pula kemampuannya dalam
memahami teks deskripsi. Dengan
demikian, dapat dikatakan bahwa
minat baca dan penguasaan kosakata
harus menjadi titik tekan jika
ingin meningkatkannya.
Komentar
Posting Komentar